Ide Kreatif Desain Dapur Rumah Minimalis Modern

Dapur merupakan sebuah ruangan yang memiliki fungsi yang cukup penting di dalam rumah. Dapur digunakan sebagai tempat untuk memasak makanan di rumah.
mustasar@gmail.com

Ide Kreatif Desain Dapur Rumah Minimalis Modern


Ide Kreatif Desain Dapur Rumah Minimalis Modern – Dapur merupakan sebuah ruangan yang memiliki fungsi yang cukup penting di dalam rumah. Dapur digunakan sebagai tempat untuk memasak makanan di rumah. Agar anda lebih dapat berkreasi dalam membuat makanan, tentunya diperlukan dapur yang luas sehingga anda lebih leluasa dalam beraktivitas di dapur. Namun tidak semua orang memiliki ukuran dapur yang luas yang menunjang kegiatan memasak anda. 

Beberapa rumah dengan konsep minimalis tentunya memiliki ukuran dapur yang tidak terlalu luas. Namun anda dapat menyiasati lahan kecil ini untuk dijadikan sebagai dapur minimalis dan simple yang sangat nyaman. Anda dapat membuat dapur mungil anda menjadi terkesan lebih luas dan lenggang. Untuk menyiasati dapur agar terkesan luas, diperlukan beberapa ide kreatif dalam mendesainnya yaitu:

  1. Pertama kali tentunya anda harus menentukan ukuran desain dapur rumah minimalis anda. Tidak ada ukuran yang pasti terkait idealnya sebuah ukuran dapur di dalam rumah. Anda dapat menyesuaikannya dengan desain rumah anda. Hal ini agar dapur yang anda buat tidak terlalu besar ataupun kecil untuk rumah anda. Untuk solusi desain dapur rumah minimalis lainnya anda dapat menyatukan antara ruang makan dengan dapur rumah bila dirasa lahan yang tersedia tidak mencukupi. Buatlah ukuran dapur yang ideal untuk rumah minimalis anda. 

  2. Setelah menentukan ukuran, anda perlu memilih warna desain dapur rumah minimalis anda. Pemilihan warna cukup penting karena akan mempengaruhi tampilan desain dapur rumah minimalis anda. Agar dapat mengesankan tampilan yang luas di dalam dapur anda, gunakan teknik pewarnaan dengan warna-warna yang cerah pada dapur mungil anda. Pada lantai, dinding serta langit dapur dapat anda gunakan warna yang senada. 

    Hindari penggunaan warna putih yang akan membuat dapur anda menjadi cepat kotor. Hindari pula penggunaan warna gelap yang malah akan memberikan kesan sumpek di dalam dapur rumah anda. Untuk membuat tampilan dapur seakan lebih luas, anda dapat meletakkan kaca pada langit-langit dapur yang memberikan ilusi luas di dalam dapur.

  3. Selain menerapkan kaca pada langit-langit dapur, anda juga dapat menambahkan jendela dengan ukuran yang besar agar membuat anda dapat melihat pemandangan di luar dapur anda sehingga nuansa dapur anda menjadi lebih natural dan tidak terasa monoton.Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tampilan dapur mungil anda akan menjadi lebih cantik jika warna dinding dapur dengan warna lantai dapur anda sesuai. Gunakan warna yang senada dengan dinding namun jangan menggunakan warna putih yang malah membuat dapur anda menjadi cepat kotor.

  4. Untuk penggunaan furniture, anda dapat menggunakan furniture dengan ukuran yang minimalis sehingga tidak akan terlalu membuat dapur anda menjadi lebih sempit. Gunakan furniture yang memang anda perlu gunakan dengan ukuran yang minimalis sehingga tidak akan mempengaruhi aktivitas anda di dalam dapur.

    Anda dapat menggunakan kitchen set di dalam dapur mungil anda. Namun bila ukuran dapur terlalu sempit, sebaiknya anda tidak menggunakan kitchen set namun menggunakan rak minimalis sebagai penyimpanan barang-barang di dalam dapur anda. Alternatif lainnya anda dapat menggunakan rak tempel dinding yang akan menghemat area lantai dapur rumah anda.

  5. Anda juga dapat menambahkan hiasan di dalam dapur mungil anda agar membuat tampilan dapur menjadi lebih cantik. Meskipun ini tidak diwajibkan namun dengan menambahkan aksesoris seni di dalam dapur dapat membuat dapur anda menjadi berbeda. Anda dapat menggunakan hiasan yang simple saja seperti lampu gantung, lukisan yang tidak terlalu besar, dan lainnya.

Berikut Ini beberapa contoh gambar Kreatif Desain Dapur Rumah Minimalis Modern:

Ide Kreatif Desain Dapur Rumah Minimalis Modern

Ide Kreatif Desain Dapur Rumah Minimalis Modern

Ide Kreatif Desain Dapur Rumah Minimalis Modern

Ide Kreatif Desain Dapur Rumah Minimalis Modern

Ide Kreatif Desain Dapur Rumah Minimalis Modern


Selain menerapkan ide-ide yang telah dijelaskan sebelumnya, anda juga perlu lebih teliti dalam mendesain agar menghindari kesalahan-kesalahan yang malah membuat dapur mungil anda menjadi tidak nyaman dan tidak menarik seperti di bawah ini:

  • Jangan menyia-nyiakan area kosong yang ada di dalam dapur minimalis anda. Untuk meminimalisir nya anda dapat melakukan perencanaan yang matang agar pemasangan peralatan dapur yang membutuhkan area luas seperti oven, mixer dan lainnya dapat tertata dengan baik. Pertimbangkan untuk memasang kabinet di bagian atas yang dapat menyimpan berbagai barang yang anda gunakan di dalam dapur.
  • Kurang nya pencahayaan di dalam dapur juga akan membuat tampilan dapur menjadi tidak menarik, bahkan dapat membuat anda tidak nyaman melakukan aktivitas di dalamnya, Anda dapat menggunakan bola lampu yang terang sebagai sumber cahaya di dapur anda yang dapat menerangi setiap sudut ruangan anda.
  • Dapur rumah yang baik dan sehat adalah yang bebas dari bau dan pengap. Sehingga sangat penting membuat ventilasi udara yang bagus yang akan menjadi saluran sirkulasi udara di ruangan dapur anda. Selain membuat dapur anda bebas bau, keberadaan ventilasi juga akan membuat udara di dalam dapur terasa segar.
  • Lebih baik bila anda memiliki bak sampah yang dapat menampung kotoran dan sisa makanan yang ada di dapur. Anda dapat meletakkannya di bagian bawah tempat cuci piring anda sehingga sampah-sampah tersebut tidak mencemari udara di dalam dapur rumah minimalis anda.

Konsep desain dapur rumah minimalis yang tepat akan membuat suasana dapur mungil anda menjadi rapi, bersih, bahkan terlihat modern. Anda juga dapat menggunakan desain dapur minimalis meskipun ruangan dapur rumah yang anda miliki cukup luas. Anda dapat mengambil beberapa ide desain dapur rumah minimalis di majalah hingga internet sebagai inspirasi anda. Nah itu tadi penjelasan seputar dapur rumah minimalis. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda. baca juga Membuat Kolam Renang Mungil Rumah Minimalis.

Getting Info...
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.