Menata Desain Ruang Tamu Tanpa Kursi atau Sofa

Desain ruang tamu tanpa kursi atau sofa cocok untuk ruang kecil, menciptakan tampilan menarik dan nyaman tanpa perlu memikirkan perabotan tambahan.
mustasar@gmail.com

 

Menata Desain Ruang Tamu Tanpa Kursi atau Sofa

Menata Desain Ruang Tamu TanpaKursi atau Sofa – Ruang tamu merupakan ruangan yang menjadi kesan utama bagi tamu yang datang ke rumah anda. Oelh karena fungsinya tersebut tentunya interior ruang tamu perlu diperhatikan agar membuat tampilan ruang tamu menjadi menarik serta membuat suasana ruang tamu anda menjadi nyaman. Banyak hal yang dapat anda lakukan untuk membuat tampilan ruang tamu menjadi menarik. Salah satunya yaitu dengan mengkonsep matang ruang tamu anda sehinggga membuat tampilannya menarik. 

Banyak desain dan konsep yang dapat anda aplikasikan di ruang tamu, mulai dari minimalis, modern, klasik, vintage, dan lainnya. Namun jika ruang tamu anda berukuran mungil, mungkin akan terlihat susah untuk menata ruang tamu anda. Salah satu desain yang dapat anda gunakan untuk menata ruangan mungil anda adalah menggunakan konsep desain ruang tamu tanpa kursi atau sofa. Dengan menggunakan desain ruang tamu ini, anda tidak perlu memikirkan perabotan yang anda gunakan untuk mengisi ruang tamu. Konsep ruang tamu seperti ini juga anda dapat terapkan untuk ruangan tamu yang berukuran besar.

Ruang tamu yang tidak terdapat tempat duduk ini biasanya dikenal dengan konsep lesehan. Ide desain ruang tamu tanpa kursi atau sofa ini sudah banyak diterapkan di Negara-negara maju seperti jepang ataupun Negara timur tengah. Banyak keunggulan yang bisa anda dapatkan dari konsep ruang tamu tanpa menggunakan kursi atau sofa. 

Salah satunya yaitu dapat membuat nuansa hangat dan nyaman yang bisa membuat suanana tamu dengan penghuni rumah menadi dekat. Tentunya untuk menata desain ruang tamu tanpa kursi atau sofa ini harus didesain secara khusus agar tampilannya menarik dan cantik. Memang tidak mudah, namun dengan ide-ide yang kreatif akan membuat ruang tamu menjadi menarik.

Bila anda memang ingin mendesain ruang tamu dengan tidak menggunakan sofa ataupun kursi, anda dapat mengganti sofa dan kursi dengan karpet sebagai alas tempat duduk anda. Pilihlah karpet dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran ruang tamu. Agar tidak terlihat monoton, anda dapat memilih motif karpet dengan corak yang cantik sehingga dapat membuat ruang tamu menjadi lebih indah. 

Perabotan yang digunakan pun juga berbeda yang seperti ada di ruang tamu biasanya. Pada bentuk desain ruang tamutanpa kursi atau sofa, biasanya menggunakan meja kecil sebagai pelengkap tampilan desain ruang tamu tanpa kursi atau sofa. Anda juga dapat menambahkan bantal sebagai alas duduk untuk menghindari suasana kosong di ruang tamu anda. Untuk mendesain ruang tamu dengan konsep tanpa kursi atau sofa, berikut ini langkah-langkah yang tepat untuk mendesain ruang tamu anda.

  1. Pertama kali tentunya anda harus menentukan area ruang tamu serta ukurannya. Memang untuk ruang tamu dengan konsep lesehan hanya membutuhkan area yang kecil dan tidak terlalu luas. Ukuran area lesehan biasanya sama dengan ukuran dari meja makan untuk ruangan tamu yang besar. Anda cukup menentukan bagian mana yang tepat dan nyaman anda jadikan sebagai ruang tamu. Anda dapat meletakkan ruang tamu anda menghadap TV ataupun jendela rumah.

  2. Yang paling penting di dalam konsep desain ruang tamu tanpa kursi atau sofa adalah pemilihan alas untuk lantai ruang tamu. Anda dapat menggunakan karpet sebagai salah satu pilihan. Banyak bahan serta motif karpet yang dapat anda gunakan mulai dari yang berbulu tebal hingga yang tipis.

    Pilihan alas lantai yang kedua adalah bantalan temapt duduk. Namun tentunya untuk menggunakannya anda perlu meletakkan alas terlebih dahulu sebelum meletakkan beberapa bantalan. Anda dapat menggunakan salah satu dari dua pilihan alas tersebut. Namun anda juga dapat mengkombinasikan keduanya sehingga membuat tampilan desain ruang tamu tanpa kursi atau sofa menjadi menarik.

  3. Tentunya konsep ruang tamu yang tidak menggunakan kursi atau sofa juga membutuhkan dekorasi untuk mempercantik tampilan. Dekorasi ruang tamu lesehan dapat anda mulai dari lesehan itu sendiri. Anda dapat menggunakan karpet dengan motif dan pola yang unik ataupun dengan menggunakan bantalan dengan desain yang warna-warni.

    Sebenarnya dekorasi desain ruang tamu tanpa kursi atau sofa tidak terlalu penting. Tampilan desain ruang tamu lesehan sendiri sudah terbilang unik dan cantik tanpa perlu diberikan dekorasi tambahan. Yang penting adalah bagaimana pemilihan dan penataan alas lesehan yang digunakan sehingga terlihat menarik dan nyaman untuk ditempati.

  4. Tentunya area lesehan di dalam ruang tamu membutuhkan perawatan yang lebih sering terutama pada masalah kebersihan ruang tamu. Area lesehan menjadi area yang sering menjadi injakan kaki yang mungkin tidka selalu bersih. Anda harus rajin mengganti untuk alas lesehan dengan membersihkan lantai di ruang tamu terutama dari debu dan kotoran-kotoran yang ada.

Berikut ini beberapa contoh gambar Desain ruang tamu tanpa kursi atau sofa minimalis yang bisa anda jadikan contoh di rumah:

Menata Desain Ruang Tamu Tanpa Kursi atau Sofa

Menata Desain Ruang Tamu Tanpa Kursi atau Sofa

Menata Desain Ruang Tamu Tanpa Kursi atau Sofa

Menata Desain Ruang Tamu Tanpa Kursi atau Sofa

Menata Desain Ruang Tamu Tanpa Kursi atau Sofa


Desain ruang tamu tanpa kursi atau sofa minimalis menjadi pilihan yang tepat untuk mendesain ruang tamu mungil sebagai salah satu solusi yang efektif. Area lesehan akan memberikan suasana yang cukup berbeda dibandingkan dengan penggunaan tempat duduk. Desain lesehan akan membuat suasana menjadi lebih dekat dan akrab. 

Bila anda ingin tampilan ruang tamu anda menjadi lebih modern, anda dapat menggunakan pilihan kursi yang tidak memiliki sandaran dan dengan bantalan yang rendah. Gunakan pilihan warna yang cerah sebagai pilihan desain interior ruang tamu lesehan. Selain itu, gunakan perabotan yang minimalis sehingga membuat area lebih yang dapat membuat aktifitas anda di dalam ruang tamu tidak akan terganggu. 

Getting Info...
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.